READ MORE ABOUT THIS TOPIC -> blogger, blogspot, flickr,
airlines, keywords, php, program, affiliate, adsense,
google, yahoo, lycos, AOL, search engine, alexa,
information, cars

December 18, 2007

Search Engine Statistic

membaca profil pengguna internet
Kata apa yang paling dicari sepanjang 2004? Di mana statistik search engine terkini bisa didapatkan?

Paris Hilton dan Britney Spears adalah cewek paling dicari! Statistik yang dipublikasikan 3 search engine, yaitu Google, Yahoo!, Lycos menempatkan keduanya di daftar 10 besar pencarian sepanjang 2004.

Google!

1. Britney Spears
2. Paris Hilton
3. Christina Aguilera
4. Pamela Anderson
5. Chat
6. Games
7. Carmen Electra
8. Orlando Bloom
9. Harry Potter
10.MP3

Yahoo!

1. American Idol
2. Paris Hilton
3. Jessica Simpson
4. Britney Spears
5. Harry Potter
6. WWE
7. Usher
8. NASCAR
9. NBA
10.NFL

Lycos!

1. Janet Jackson
2. Paris Hilton
3. Clay Aiken
4. Britney Spears
5. Nick Berg
6. KaZaA
7. Tattoos
8. Pamela Anderson
9. Michelle Vieth
10.Poker


Melihat sekilas statistik tersebut, mungkin tidak salah jika disimpulkan secara cepat bahwa sebagian besar pengguna internet adalah mereka yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Terlihat juga bahwa dunia hiburan: musik, film, dan olah raga, mendominasi statistik tersebut, yang berarti sebagian besar memanfaatkan internet for fun!

Yang menarik, nama-nama artis seksi bertebaran: Paris Hilton, Britney Spears, Jessica Simpson, Pamela Anderson, Carmen Electra, Christina Aguilera, Janet Jackson, Orlando Bloom, Clay Aiken. Melihat hasilnya, ketertarikan secara seksual boleh dibilang mendominasi, mengingat statistik semacam ini biasanya sudah memfilter kata-kata atau frase yang secara eksplisit bermuatan seksual, seperti “sex” dan semacamnya. Lihat saja bagaimana Janet Jackson, artis yang bisa dibilang “sudah lewat zamannya” bisa masuk 10 besar di Lycos. Ini tak lain karena pada awal tahun 2004 Janet Jackson membuat sensasi heboh dengan mempertontonkan sebagian tubuhnya “secara tidak sengaja” pada saat jeda Super Bowl.

Google menyediakan statistik bulanan dengan istilah Google Zeitgeist, dimana anda bisa tidak hanya bisa statistik secara keseluruhan seperti pada tabel di atas, namun juga berdasarkan kategori, seperti berita apa yang paling dicari, artis cewek yang paling dicari, dan sebagainya. Juga pencarian yang berkaitan dengan event pada bulan yang bersangkutan, misalnya pencarian yang berkaitan dengan valentine di bulan Februari. Untuk statistik tahun 2004, Google menyediakan statistik yang dipresentasikan secara interaktif menggunakan Flash. Terpilihnya SBY sebagai presiden RI dan juga bencana tsunami di Aceh disebut-sebut di presentasi interaktif tersebut. Google juga menyediakan data dari berbagai penjuru dunia, misalnya dari Jerman, Prancis, Australia, Cina, dan sebagainya.

Yahoo! juga memiliki statistik serupa yang dinamakan Yahoo! Buzz Log. Statistik di-update secara harian. Untuk laporan tahun 2004, Yahoo! juga memilah-milah pencarian dalam beberapa kategori, dan dilengkapi juga dengan grafik yang cukup menarik, misalnya “War of the Trilogies” yang menyajikan grafik perbandingan pencarian antara 3 film trilogi yang populer, yaitu Star Wars, Hary Potter, serta Lord of the Rings.

Lycos juga punya Lycos 50 yang menyajikan statistik mingguan, yang disertai penjelasan secara deskriptif. Statistik tahun 2004 juga disertai uraian deskriptif serupa, lengkap dengan analisis tren di tahun 2005.

Statistik dapat memberikan gambaran mengenai tren yang terjadi. Mengenai pemanfaatannya, tentu tergantung pada kebutuhan masing-masing. Untuk meneliti selera pasar, untuk menentukan target market, atau... just for fun, seperti yang dilakukan para pengguna internet ini!
Link Terkait

* Yahoo! Buzz Log: http://buzz.yahoo.com
* Google Zeitgeist: http://www.google.com/press/zeitgeist.html
* Lycos 50: http://50.lycos.com

Sumber:
http://www.fiesto.com/idindex.php?pid=idarticle&aid=250

No comments: